News

<
Penyerahan Sertifikat ISO 14001 - 2015 (EMS) ISO 9001 - 2015 (QMS) dan ISO 18001 - 2007 (OHSAS) diserahkan langsung oleh direktur URS (United register system)
Makassar, Penyerahan dilaksanakan di ruang rapat lantai IV TPM dan diberikan langsung oleh Dir. URS kepada GM Terminal Petikemas Makassar serta disaksikan oleh pak Modi Pitoi selaku SVP of Risk Management and Standarisation PT. Pelindo IV (Persero)(12/02/2019)

Info Humas Terminal Petikemas Makassar

<
Peringatan Dini!
Makassar, Hujan lebat disertai angin kencang di wiliyah Sulsel bagian barat dan selatan. moderate (Gelm 1.25-2.5) terjadi di teluk Bone bagian utara. Rough Sea (Gelm 2.5-4.0 m) terjadi di Teluk Bone bagian selatan. Very rough sea (Gelm 4.0-4.0 m) terjadi di selat Makassar bagian selatan, perairan Barat Sulsel, Perairan Kep. Sabalana-Selayar, dan Laut Flores(23/01/2019)

Info BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA (BMKG).

<
Simulasi Kebakaran di Lingkungan Terminal Petikemas Makassar
Makassar, Menggelar simulasi tanggap bencana kebakaran di lingkungan Terminal Petikemas Makassar(10/01/2019)

Laporan Humas Terminal Petikemas Makassar,Saat simulasi berlangsung, tampak para pegawai dan staff terminal petikemas makassar serta pengguna jasa panik dan lari berhamburan keluar gedung menuju titik kumpul evakuasi.

Konferensi pers penangkapan kayu ilegal
Konferensi Pers dinas lingkungan hidup bersama lantamal IV dan instansi terkait diantaranya,Beacukai,Otoritas pelabuhan, Polresta pelabuhan, dan karantina konfrensi pers terkait penangkapan kayu ilegal jenis kayu mermabu kelas I. Selasa (08/01/2019)

Laporan Humas Terminal Petikemas Makassar, Kayu ilegal tersebut ditemukan sebanyak 57 teus yang termuat di kapal Kapal Straig Mas yang berkegiatan b/m di Terminal Petikemas Makassar .

Doa dan Dzikir Keluarga Besar Terminal Petikemas Makassar Bersama Anak Panti Asuhan serta Ceramah Agama oleh Ust. Muchsin Ramlan
GM Terminal Petikemas Makassar Bapak Josef Benny Rohy bersama jajaran pejabat strukturalnya dan seluruh staff serta pegawai operasional, OC mengadakan pengajian dzikir dan doa bersama dikantor TPM ruang rapat lantai 4, Senin (31/12/2018)

Laporan Humas Terminal Petikemas Makassar, Dengan acara tersebut turut diundang anak-anak panti asuhan untuk hadir dalam acara tersebut dan sekalian berbagi hadiah yang diberikan langsung oleh ibu ketua Perispindo TPM ibu Yuli pangloro.

Pelindo IV Makassar Investasi Alat Rp 73,88 Miliar di 7 Pelabuhan
Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang memberi sambutan pada CEO Gathering yang digelar DPP Apindo Sulsel di Pulau Samalona Makassar, Minggu (12/9/2018)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Mengakhiri 2018, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) investasi alat Rp 73,88 miliar. Angka itu, untuk tujuh pelabuhan kelolaan yakni, Pantoloan, Gorontalo, Tarakan, Kendari, Sorong, Merauke dan Makassar New Port (MNP). Dirut PT Pelindo IV, Farid Padangn menuturkan, total ada 10 unit alat Reach Stacker (RS), 5 unit Head Truck (HT), 2 unit tronton, dan 1 unit Flat Bed dan Container Transtainer (C/T). “Alat tersebut tengah dirakit dan segera dikirim ke masing pelabuhan hingga akhir Desember 2018,” kata Farid dalam rilisnya, Jumat (28/12/18). Pihaknya, kata Farid, akan melakukan dua kali pengiriman ke masing pelabuhan. Pengiriman pertama, 2 unit alat RS untuk di Pelabuhan Pantoloan dan 2 unit RS serta 4 unit HT untuk Pelabuhan Tarakan. Sedangkan pengiriman kedua, BUMN yang mengelola jasa kepelabuhanan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini, akan mengirim masing-masing 2 unit alat RS dan 2 unit HT untuk Pelabuhan Kendari, 2 unit RS dan 1 unit HT untuk Pelabuhan Sorong, serta 1 unit RS untuk di Merauke. Pihaknya juga akan menempatkan 2 unit Tronton ditambah dengan Flat Bed untuk Pelabuhan Gorontalo. “Sementara untuk C/T akan ditempatkan di Makassar New Port, berikut 1 unit alat RS,” katanya. Penambahan alat tersebut merupakan upaya untuk terus meningkatkan pelayanan level of service. Seperti di Pelabuhan Pantoloan, saat ini pelayanan yang ada sudah dipercepat, seiring bertambahnya alat untuk operasional pelabuhan yang terdampak bencana tsunami di Palu dan sekitarnya pada akhir September lalu. Bahkan, pihaknya segera mengirim Crane baru untuk menggantikan 1 unit Crane yang roboh di Pelabuhan Pantoloan akibat bencana tsunami lalu. “Semoga dengan bertambahnya alat di sejumlah pelabuhan, pelayanan yang sudah ada bisa lebih ditingkatkan lagi, sehingga perekonomian khususnya di KTI akan semakin lancar,” ujarnya. Dia menambahkan, investasi alat yang dilakukan dipenghujung tahun ini juga dalam rangka persiapan di 2019 nanti, yang akan menjadi tahun produktivitas bagi Pelindo IV.

Perwira Lantamal VI Makassar Kunjungi Kapal Perang Amerika
Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Rombongan Perwira Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar yang dipimpin Asisten bidang Intelijen (Asintel) Danlantamal VI Kolonel Laut (KH) Luddy Mulyadi berkunjung ke kapal perang Amerika United States Navy Seal (USNS) Milinocket (T-EPF-3) yang sandar di dermaga peti kemas Hatta Makassar, Rabu (2/5/2018) Para Perwira tersebut disambut dengan ramah Komandan Kapal USNS Milinocket (T-EPF-3) Capt (N) Erwin F Lao beserta anak buah kapal. "Selama kunjungan, rombongan Perwira Lantamal VI diberikan penjelasan dan kesempatan melihat dari dekat berbagai peralatan yang ada di kapal Amerika," kata Luddy. Mereka juga berkomunikasi dengan personel kapal USNS Millinocket untuk saling bertukar cerita dan pengalaman selama melaksanakan tugas. Turut hadir dalam kunjungan ke kapal perang Amerika tersebut, Asops Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Musleh Yadi, para Perwira Menengah Lantamal VI, Kadispen Lantamal VI dan para Perwira Pertama Lantamal VI serta sejumlah pejabat Kantor Imigrasi dan Pelindo Makassar. (*)

Hindari Antrean, Pelindo IV Imbau Pengguna Jasa TPM Terapkan Windows System
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR. Rabu, 31 Januari 2018 22:23

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Manajemen Pelindo IV mengimbau pengguna jasa Terminal Petikemas Makassar (TPM) tetap melaksanakan program windows system. Ini agar pengguna mendapat pelayanan kepelabuhanan secara cepat dan optimal. GM TPM, Yosef Benny Rohi menuturkan, dengan menerapkan windows system, nantinya tidak ada lagi kedatangan kapal yang menumpuk bersamaan di satu waktu. "Hal ini tentu menguntungkan dan bermanfaat bagi semua pihak, di mana kedatangan kapal bisa langsung terlayani tanpa harus menunggu terlalu lama," katanya. Dari hasil uji coba windows system, hampir sebagian besar perusahaan angkutan petikemas tidak bisa memenuhi hal itu. "Bahkan kami sudah memaksimalkan produktivitas dengan bekerja full 24 jam 7 hari nonstop kecuali saat salat Jumat. Jadi, jika masih ada kapal yang belum atau tidak bisa terlayani bongkar muatnya dengan cepat, maka mohon juga dicek kepada pengguna jasa atau pemilik barang, apakah dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap atau belum," ujarnya. (*)

Search